Jumat, 14 Maret 2014

Hole, Fillet, Chamfer , Rectanguler, Circular dan Mirror

Hai apa kabar kalian semua nya, pastinya baik semua kan. Minggu ini saya akan menjelaskan fitur 3 dimensi lain nya yaitu Hole, Chamfer , Fillet , Rectanguler , Circuler dan Mirror.
Tanpa banyak cerita lagi yok ikutin nih penjelasan nya  . . . .

Hole
Berfungsi untuk membuat lingkaran atau lubang dengan berbagai macam bentuk pada lubang tersebut pada sebuah bangunan.


Pada hole ada banyak pilihan diantara nya yaitu Linear, Concentric, On Point dan Sketch. Dan banyak juga pilihan dari lubang tersebut seperti yang akan di jelaskan satu persatu melalui gambar di bawah ini dan penjelasannya :

Hole driledd

Dimana lubang ini hanya datar saja dan dapat di sesuaikan jarak nya nya pada kedua sisi menggunakan Reference 1 dan Reference 2, dan Termination nya juga dapat di pilih apakah menembus atau pada jarak tertentu.



Hole Counterbote
Dimana lubang ini memiliki kepala ( Seperti baut ) namun bentuk kepala ini bulat atau kotak apabila di lihat dari samping, dan semua ada pengukuran nya yang kita inginkan. ( Dapat di lihat pada gambar).


Hole Spotface
Dimana lubang ini juga memiliki kepala dan hamper sama dengan Counterbote namun kepalanya ini agak kecil dan memiliki sudut dan ada pengukuran juga yang dapat kita inginkan. ( Dapat di lihat pada gambar )



Hole Countersink
Dimana lubang ini berkepala juga, namun dengan kepala yang berbentuk kemiringan pada sudut tertentu atau yang kita inginkan karena ada pengukuran nya juga yang dapat kita inginkan.


Selanjut nya yang Termination nya Through All yang artinya melubangi sampai habis.



Hole Concentric
Penerapan nya sama seperti hole sebelumnya, namun pada Concentric ini mencari sudut lingkaran yang sama dan harus ada lingkaran pada sudut atau bangun ruang yang ingin di lubangi.


Hole On Point
Penerapan nya sama seperti hole sebelumnya, namun perintah pada Hole ini menggunakan Point pada bangunan tersebut.

Selanjut nya Hole yang menggunakan ulir, karena ada 4 pilihan juga seperti apakah sisi dalah dari lubang tersebut, pada gambar di bawah ini menggunakan Tapped hole yang artinya ada ulir di sisi dalam lubang tersebut. ( Dapat di lihat pada gambar )



FILLET

Berfungsi sebagai pembuat tunpul atau mencembung kan sebuah bangunan pada sisi – sisi tertentu. Dan juga ada 3 perintah pada FILLET yang dapat seperti apa yang kita inginkan. ( Dapat di lihat pada gambar )
3 pilihan mode nya yaitu :
Edge adalah salah satu sudut mana yang diinginkan untuk di Fillet kan
Loop adalah dua sisi yang akan langsung terotomatis terFillet kan
Dan yang terakhir Feature dimana semua bangunan akan terfillet secara otomatis .


CHAMFER

Berfungsi sebagai pembuatu tumpul sebuah bangunan juga namun tidak berbentuk cembung namun kotak atau seakan teriris pada bagian sudut ruangan nya.
Chamfer juga memilki 3 fungsi yang berbeda juga yaitu :

Distance
Yang hanya membuat jarak berapakah yang akan di potong. ( Dapat di lihat pada gambar )

Distance and Angel

Yaitu berapa ukuran yang diinginkan dan berapa ukuran sudutnya yang kita inginkan.

Two Distance

Yaitu ukuran yang berbeda antara sisi yang berbeda sesuai yang kita inginkan.

RECTANGULER

Berfungsi sebagai menggandakan sebuah bangunan menggunakan cara seperti persegi atau antara x dan y atau kiri kanan dan atas bawah yang kita inginkan dengan jumlah yang kita inginkan dan juga ada jarak antara benda sesuai yang kita inginkan. ( Dapat di lihat pada gambar )


CIRCULAR

Berfungsi sebagai menggandakan bangunan dengan cara seperti lingakaran atau pada radius tertentu sesuai dengan yang kita inginkan sudut nya dan berapa banyak benda yang kita ingin gandakan.






MIRROR

Berfungsi sebagai sisi lain atau kaca pada sebuah benda tersebut sesuai dengan keinginan kita dengan menggunakan bantuan Plane sesuai di sisi mana yang kita inginkan.








Untuk lebih gampang nya saya sudah merekam kan video untuk agan - agan supaya tidak kebingungan, check it out . . . .. .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar