Tanpa banyak cerita lagi yok ikutin nih penjelasan nya . . . .
Hole
Berfungsi untuk membuat lingkaran atau lubang dengan
berbagai macam bentuk pada lubang tersebut pada sebuah bangunan.
Pada hole ada banyak pilihan diantara nya yaitu Linear,
Concentric, On Point dan Sketch. Dan banyak juga pilihan dari lubang tersebut
seperti yang akan di jelaskan satu persatu melalui gambar di bawah ini dan
penjelasannya :
Hole driledd
Dimana lubang ini hanya datar saja dan dapat di sesuaikan
jarak nya nya pada kedua sisi menggunakan Reference 1 dan Reference 2, dan
Termination nya juga dapat di pilih apakah menembus atau pada jarak tertentu.
Hole Counterbote
Dimana lubang ini memiliki kepala ( Seperti baut ) namun
bentuk kepala ini bulat atau kotak apabila di lihat dari samping, dan semua ada
pengukuran nya yang kita inginkan. ( Dapat di lihat pada gambar).
Hole Spotface
Dimana lubang ini juga memiliki kepala dan hamper sama
dengan Counterbote namun kepalanya ini agak kecil dan memiliki sudut dan ada
pengukuran juga yang dapat kita inginkan. ( Dapat di lihat pada gambar )
Hole Countersink
Dimana lubang ini berkepala juga, namun dengan kepala yang
berbentuk kemiringan pada sudut tertentu atau yang kita inginkan karena ada
pengukuran nya juga yang dapat kita inginkan.
Penerapan nya sama seperti hole sebelumnya, namun pada
Concentric ini mencari sudut lingkaran yang sama dan harus ada lingkaran pada
sudut atau bangun ruang yang ingin di lubangi.
Hole On Point
Penerapan nya sama seperti hole sebelumnya, namun perintah
pada Hole ini menggunakan Point pada bangunan tersebut.
Selanjut nya Hole yang menggunakan ulir, karena ada 4 pilihan juga seperti apakah sisi dalah dari lubang tersebut, pada gambar di bawah ini menggunakan Tapped hole yang artinya ada ulir di sisi dalam lubang tersebut. ( Dapat di lihat pada gambar )
FILLET
Berfungsi sebagai pembuat tunpul atau mencembung kan sebuah
bangunan pada sisi – sisi tertentu. Dan juga ada 3 perintah pada FILLET yang
dapat seperti apa yang kita inginkan. ( Dapat di lihat pada gambar )
3 pilihan mode nya yaitu :
Edge adalah salah satu sudut mana yang diinginkan untuk di
Fillet kan
Loop adalah dua sisi yang akan langsung terotomatis
terFillet kan
Dan yang terakhir Feature dimana semua bangunan akan
terfillet secara otomatis .
Berfungsi sebagai pembuatu tumpul sebuah bangunan juga namun
tidak berbentuk cembung namun kotak atau seakan teriris pada bagian sudut
ruangan nya.
Chamfer juga memilki 3 fungsi yang berbeda juga yaitu :
Distance
Yang hanya membuat jarak berapakah yang akan di potong. (
Dapat di lihat pada gambar )
Distance and Angel
Yaitu berapa ukuran yang diinginkan dan berapa ukuran
sudutnya yang kita inginkan.
Two Distance
Yaitu ukuran yang berbeda antara sisi yang berbeda sesuai
yang kita inginkan.
Berfungsi sebagai menggandakan sebuah bangunan menggunakan
cara seperti persegi atau antara x dan y atau kiri kanan dan atas bawah yang
kita inginkan dengan jumlah yang kita inginkan dan juga ada jarak antara benda
sesuai yang kita inginkan. ( Dapat di lihat pada gambar )
CIRCULAR
Berfungsi sebagai menggandakan bangunan dengan cara seperti
lingakaran atau pada radius tertentu sesuai dengan yang kita inginkan sudut nya
dan berapa banyak benda yang kita ingin gandakan.
MIRROR
Berfungsi sebagai sisi lain atau kaca pada sebuah benda
tersebut sesuai dengan keinginan kita dengan menggunakan bantuan Plane sesuai
di sisi mana yang kita inginkan.
Untuk lebih gampang nya saya sudah merekam kan video untuk agan - agan supaya tidak kebingungan, check it out . . . .. .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar