Sabtu, 08 Maret 2014

Revolve, Sweep, dan Plane

Hay agan – agan semua yang setia menunggu ilmu dan informasi dari blog saya, sehat semua kan yang pastinya, semoga makin seger aja dan semakin ingin tahu lebih dalam dalam pembelajaran Inventor ini. Pada minggu ini saya akan menjelas kan beberapa fitur 3dimensi lagi pada agan – agan yaitu Revolve, Plane dan Sweep.
yok lanjut . . . .
Revolve

Revolve (putaran) digunakan untuk membuat bentukbentuk silindris
dengan cara memutar suatu bentuk profil terhadap sumbu yang ditentukan.
Untuk membentuk part dengan dengan fitur ini perlu ditentukan dahulu
Profile, Axis, Output dan Operation. Axis atau sumbu dapat berupa garis
pada profil, garis bantu, atau garis sumbu Origin. Adapun yang perlu
diperhatikan adalah sumbu dan profil harus terdapat dalam satu bidang yang
sama. Sudut perputaran untuk fitur Revolve menyesuaikan dengan metode
ekstensinya.





Ekstensi (Extents) pada fitur Revolve terdiri dari dua metode. Dengan
metode Angle akan dihasilkan perputaran profil terhadap sumbu dengan
sesuai sudut yang ditentukan. Ketika opsi Angle dan sudut dimasukkan
dimasukkan maka akan anda diminta menentukan direction. Arah perputaran
ditentukan dengan memilih satu diantara opsi direction yang sesuai. Metode
Full akan memutar profil satu putaran penuh atau 360°.


. (a) Revolve dengan ekstensi Angel Sebesar 90°

 
(b) Revolve dengan ekstensi Full
 
Plane

adalah sebuah garis atau layar atau sketch untuk membantu membuat objek baru dari objek yang sebelum nya.

Pada Plane ada beberapa jenis nya yaitu :



Offset Plane                                  
yang artinya membuat plane dimana yag kita di inginkan dari sisi manakah yang akan kita buat

Parallel to Plane through point
Membuat plane dengan bantuan point.  Dimana terlebih dahulu kita membuat Point .

Midplane between Two Parallel Planes
Membuat plane di antara bidang atau bangunan tersebut .

Angle To Plane around Edge : Membuat plane dimana dengan memberi Angle ( Sudut ) pada titik sudut dari bangunan.

Three Point : Membuat Plane dengan cara menggunakan 3 titik point dari bangunan tersebut.






Sweep
Adalah membuat bangunan berbentuk seperti pipa atau bisa seperti Extrude, namun di sisi lain membutuh kan bantuan bangunan 2 dimensi lainnya untuk membuat bangunan pada rangka.



a) Sebelum di Sweep



b) Setelah di Sweep

Untuk memperjelas, saya telah membuatkan rekaman yang di dalam nya berisi uraian penjelasan di atas. semoga Agan- agan lebih dapat memahaminya .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar